YUK, MENGAMATI GERHANA MATAHARI CINCIN DI PP-IPTEK

  1. Beranda
  2. Berita
  • 20 Desember 2019
  • 621
  • Share

Pada tanggal 26 Desember 2019 akan terjadi fenomena sains langka, yaitu Gerhana Matahari Cincin (GMC). Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK), Kemenristek/BRIN akan mengadakan pengamatan langsung fenomena GMC ini mulai dari pukul 10.30 - 14.30 WIB di dak atap gedung PP-IPTEK.

Apa itu Gerhana Matahari Cincin (GMC)?

GMC terjadi ketika bulan berada segaris dengan bumi dan matahari, serta bulan berada pada titik terjauh dengan bumi. Hal inilah yang menyebabkan piringan bulan akan terlihat lebih kecil daripada matahari dan tidak akan menutupi piringan matahari.

GMC akan melewati beberapa wilayah di Indonesia, yaitu Sumatera Utara di Sibolga dan Padang Sidempuan, Riau di Siak, Duri, Pulau Pedang, Pulau Bengkalis, Pulau Tebing Tinggi, Pulau Rangsang, Kepulauan Riau di Batam dan Tanjung Pinang, Kalimantan Barat di Singkawang, Kalimantan Utara di Makulit dan Tanjung Selor, serta Kalimantan Timur di Berau. Untuk Gerhana Matahari sebagian bisa terlihat dari seluruh wilayah Indonesia, tergantung lokasi pengamatan. Di Jakarta gerhananya mencapai sekitar 72%. Semakin mendekati jalur pusat gerhana, porsi tertutupnya matahari semakin besar (sumber: gerhanaindonesia.id).

Fenomena gerhana matahari ini sangat langka untuk disaksikan di Indonesia, namun jangan langsung melihat matahari tanpa alat apa pun. Sobat Iptek akan lebih jelas dan aman mengamati fenomena melalui teleskop atau kacamata matahari.

Selama pengamatan kalian dapat mengamati proses gerhana menggunakan:
✔ pengamatan melalui teleskop, kamu juga dapat menanyakan langsung dengan pemandu untuk mengetahui lebih jelas tentang gerhana matahari
✔ peminjaman kacamata matahari 
✔ live streaming wilayah GMC melalui layar besar
✔ simulasi pengamatan yang bisa disaksikan saat pertama kali memasuki galeri PP-IPTEK.

PP-IPTEK akan menyediakan 4 buah teleskop yang dapat digunakan, yaitu teleskop tipe CPC 800, Coronado, Celestron Advance 6, dan Celestron Firstscope 114 EQ yang menggunakan filter matahari. 

Selain melakukan pengamatan gerhana, kalian juga bisa isi liburan dengan bebas mencoba dan memainkan lebih dari 400 alat peraga interaktif, yaitu peragaan Iptek indoor dan outdoor seperti foto bareng Bumblebee, Simulasi Rumah Gempa, Self Balancing Wheel, Augmented Reality, Sepeda di Atas Kabel, Gyro Extreme, Tesla Coil, Ruang Eksplorasi Anak Usia Dini, dan masih banyak lagi alat peraga lainnya.

Selain peragaan Iptek, kamu juga bisa mencoba program sains seperti Demo Peluncuran Roket Air, Science Show, Mini Workshop, Science Corner, serta Film & Eksperimen Science Film Festival.

Yuk, kita mengamati fenomena GMC bersama. Langsung datang aja ke PP-IPTEK yang berlokasi dalam Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. Kami tunggu kedatangannya yaa.. 

Informasi lebih lanjut: 
☎ : 021-840-1488
📠 : 021-840-1487
📱: 0813-1714-5157 (hanya WA)
📧 : humasppiptek@gmail.com / ppiptek@ristekdikti.go.id
IG : @ppiptek
FB : Pusat Peragaan Iptek
Twitter : @ppiptek

Lost your password?
atau