20 Feb

PP-IPTEK Ikut Serta dalam Pameran Inovasi Tinggi dan Kreativitas di Pekalongan | Science for All PP-IPTEK di Kota Semarang | Asean Plus Three Junior Science Odyssey 2015 diselenggarakan di Indonesia | Berkemah sambil Memahami Sains Melalui “Science Camp Nasional 2015” | Berkemah sambil Memahami Sains Melalui “Science Camp Nasional 2015” | Indonesia menjadi Tuan Rumah dalam Ajang APRSAF Water Rocket Event di Bali | Penyerahan Alat Peraga Pemenang KJSA 2015 Kepada PP-IPTEK | Lowongan Pekerjaan Staf Pusat Peragaan Iptek | PP-IPTEK Meramaikan Science & Technology Expo SMPN 99 Jakarta | Peneropongan Langsung Gerhana Matahari di PP-IPTEK | Peneropongan Gerhana Matahari di PP-IPTEK Terlihat Jelas karena Cuaca Cerah | Lowongan Pekerjaan Staf Keuangan & Desain Grafis | Kemeriahan Kegiatan HUT PP-IPTEK ke-25 | Kompetisi Roket Air Jabodetabek 2016 Road to National Competition | Ajang Kalbe Junior Scientist Awards 2016 | PP-IPTEK Meramaikan IBM Maritime Edutainment di Kapal Perang Kolinlamil | PP-IPTEK Turut Serta dalam Jambore Nasional X 2016 | 200 Pelajar Mengikuti Kompetisi Roket Air Regional Jabodetabek di PP-IPTEK | Kongres Asosiasi Science Center Indonesia (ASCI) tahun 2016 | Kompetisi Roket Air Nasional 2016, Siapakah yang Akan Mewakili Indonesia ke Ajang Internasional | Peran Sains dalam Menumbuhkembangkan Keingintahuan Anak dalam Acara Science Fun Fair | STEAM Workshop Dasar untuk Melatih Calon Guru Sebelum Mengajar di Sekolah-Sekolah | PP-IPTEK Berpartisipasi dalam Pameran Global Education Supplies and Solution di JCC | DUA PIALA BERHASIL DIBAWA OLEH INDONESIA DALAM AJANG Asia Pacific Water Rocket Competition 2016 | Science for All Lampung, Sekaligus Lampung memiliki Science Center | Antusias Peserta Lomba Poster APRSAF ke-23 dengan tema My Dream Planet | Science for All Makassar | Kompetisi Robot Nasional 2016 | Science for All Bojonegoro Menarik Minat Siswa untuk Mempelajari Sains Lebih Dalam | Science for All Gianyar Bali, Sekaligus Peresmian Science Center Daerah Gianyar | Pusat Hakteknas ke-21 di Kota Solo, PP-IPTEK Turut Menyelenggarakan Science for All Solo | Kompetisi Roket Air Regional Solo 2016 | Kompetisi Roket Air Regional Yogyakarta 2016 | Kompetisi Roket Air Regional Jawa Barat 2016 | Asyiknya Berbagi Cerita Sains di PRPP Semarang | Peresmian Alat Peraga KJSA 2016 di PP-IPTEK |

Galeri Indoor Pusat Peragaan Iptek

WAHANA LISTRIK DAN MAGNET


Wahana Listrik dan Magnet adalah wahana yang berisi alat peraga hands-on interaktif mengenai prinsip-prinsip dasar listrik dan magnet dan hubungan antara keduanya. Wahana ini terbagi dalam tiga klaster yaitu Klaster Listrik, Klaster Transistor dan Klaster Magnet. Klaster Listrik menyajikan alat peraga bertema pengetahuan dasar tentang kelistrikna hingga aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Klaster Transistor menyajikan alat peraga mengeani pengenalan transistor melalui replica teknologinya. Di Klaster Magnet pengunjung dapat mempelajari sifat-sifat kemagnetan suatu benda. Dengan alat peraga yang dikemas secara interaktif, diharapkan anak didik/pengunjung dapat belajar secara mudah dan menyenangkan.



WAHANA GETARAN DAN GELOMBANG

Wahana Getaran dan Gelombang adalah wahana yang berisi alat peraga hands-on interaktif mengenai prinsip-prinsip dasar getaran dan gelombang maupun teknologi dan peristiwa alam yang berkaitan dengan getran dan gelombang. Wahan ini yang terbagi dalam tiga klaster yaitu Klaster Bunyi, Klaster Getaran dan Klaster Tsunami. Klaster Bunyi menyajikan alat peraga yang berhubungan dengan bunyi seperti Tabung Gosip, Efek Doppler, Kotak Suara dan sebagainya.melalui Klaster ini diharapkan anak didik/pengunjung data mempelajari dan mendalami karakteristik bunyi yang disajikan melalui alat peraga menarik dan interaktif. Klaster Getaran menyajikan pengetahuan tentang getaran, ombak, dan tsunami, mempelajari proses terjadina ombak dan tsunami hingga aplikasi yang terkait. Di klaster ini terdapat alat peraga simulasi gempa di mana pengunjung dapat merasakan sendiri efek gempa dengan variasi kekuatan berdasarkan skala MMI. Melalui Wahana Gelombang diharapkan pengunjung selain mengetahui dan mendalami konsep dasar gelombang juga dapat mengetahui aplikasi keilmuan gelombang dalam kehidupan sehari-hari.
 


WAHANA MEKANIKA

Wahana Mekanika adalah wahana yang berisi alat peraga Hands-on interaktif mengenai prinsip-prinsip dasar mekanika, serta teknologi yang menggunakan prinsip ini. Wahana ini terbagi dalam tiga klaster yaitu Klaster Gaya, Klaster Gerak dan Klaster Pesawat Sederhana. Klaster Gaya menyajikan alat peraga mengenai konsep dasar gaya hingga apikasi teknologinya. Jembatan Lengkung merupakan alat peraga pada Klaster Gaya yang memiliki konsep pembagian tekanan sehingga jembatan tersebut tetap kokoh walaupun pengunjung berjalan di atasnya. Sosrobahu merupakan aplikasi dari konsep gaya yang digunakan untuk membuat konstruksi jembatan laying. Klaster Gerak menyajikan alat peraga mengenai konsep dasar gerak baik gerak lurus maupun gerak melingkar. Pengunjung dapat melihat dan mempelajari fenomena yang terjadi jika benda bergerak. Klaster Pesawat Sederhana menyajikan alat peraga mengenai aplikasi pesawat sederhana seperti pengungkit, katrol, penderek dan sebagainya. Melalui Wahana Mekanika ini diharapkan pengunjung dapat melengkapi pengetahuan tentang mekanika melalu fenomena yang diamati dari alat peraga serta keuntungan menggunakan pesawat sederhana.
 


WAHANA PENELITI CILIK

Wahana Peneliti Cilik adalah wahana yang menyajikan alat peraga hands-on interaktif edutainment yang dikhususkan bagi anak usia dini yaitu di bawah usia 8 tahun. Wahana ini dibagi ke dalam 6 klaster alat peraga antara lain, Klaster Lingkungan, Klaster Sains dan Teknologi Sederhana, Klaster Permainan Cerdas, Klaster Keluarga Asik, Klaster Profesi, dan Klaster Tubuhku. Alat peraga disajikan secara menarik, inspiratif dan aman sehingga anak-anak dapat bermain dan belajar dengan sendirinya dan diharapkan dapat melatih motorik, kognitif, dan afektif anak.
 


WAHANA ROBOT

Wahana Robot adalah wahana yang berisi alat peraga hands-on interaktif mengenai prinsip-prinsip dasar dan teknologi yang terkait dunia robotika. Di galeri ini terdapat robot serupa manusia atau dikenal dengan humanoid dan robot serupa hewan atau dikenal dengan nama Animaloid. Dalam wahana ini disajikan demonstrasi robot yang dijadwalkan setiap harinya. Melalui wahana ini diharapkan pengunjung mendapat pengetahuan dan pemahaman mengenai teknologi terkait robot sehingga dapat tergugah dan tertarik mendalami teknologi robot.
 


WAHANA LINGKUNGAN

Wahana lingkungan adalah wahana berisis alat peraga hands-on interaktif mengenai biologi dan lingkungannya. Wahana ini menyajikan alat peraga mengenai makhluk hidup, diantaranya mengenal tubuh manusia, mekanisme pernafasan, bahasa hewan juga permainan computer mendidik dan menarik. Melalui alat peraga di wahana lingkungan diharapkan pengunjung dapat lebih mengenal, mempelajari dan memahami makhluk hidup serta lingkungannya dan bagaimana kita dapat hidup berdampingan dengan alam.



WAHANA OPTIK

Wahana Optik adalah wahana yang berisi alat peraga interaktif prinsip-prinsip dasar mengenai optic mulai dari sains cahaya, warna hingga peralatan optiknya. Melalui wahana ini pengunjung diharapkan dapat memahami konsep bagaimanakah cahaya dapat merambat, bagaimana warna cahaya dapat dibentuk dan dipisahkan dan sebagainya.
 


WAHANA ILUSI

Wahana Ilusi adalah wahana yang berisi alat-alat peraga interaktif minds-on yang berkaitan dengan ilusi mata. Alat peraga ini sebagian besar berupa gambar-gambar geometri maupun gambar tidak beraturan yang memiliki efek ilusi pada mata manusia seperti gambar ambigu, efek besar-kecil, efek panjang-pendek, efek lurus-lengkung, penglihatan menetap dan sebagainya. Melalui wahana ini diharapkan pengunjung dapat mempelajari persepsi penglihatan manusia terhadap suatu objek.


 
WAHANA TRANSPORTASI UDARA

Wahana transportasi udara adalah wahana yang berisi alat peraga hands-on interaktif mengenai iptek dibalik alat transportasiudara,mulai dari prinsip dasar bagaimana alat transportasi udara bekerja hingga aplikasinya. Alat peraga yang disajikan seperti Roda Giroskop yang menjelaskan fenomena gaya giroskopi yang bekerja pada pesawat, cutting-enggine/potongan melintang mesin pesawat hingga alat peraga model pesawat, juga terdapat simulasi pesawat aeromodelling dimana pengunjung dapat mencoba mengendalikan model pesawat secara virtual dengan kemampuannya sendiri.
 


WAHANA FLUIDA

Wahana fluida adalah wahana yang berisi alat peraga hands-on interaktif tentang prinsip-prinsip dasar mengenai fluida (zat alir). Wahana ini terbagi dalam dua klaster yaitu klaster fluida dinamis dan klaster fluida statis. Klaster Fluida Dinamis menyajikan alat peraga mengenai fluida yang bergerak seperti alat peraga meja Bernoulli, gaya hambat dan bola bergantung. Klaster fluida statis menyajikan alat peraga mengenai fluida yang diam seperti penyelam, Pengukur ketinggian muka air, simuka tegang. Melalui wahana fluida diharapkan pengunjung dapat melihat langsung fenomena yang terjadi, sekaligus mempelajari dan memperdalam materi mengenai fluida.
 


WAHANA TRANSPORTASI DARAT

Wahana Transportasi Darat
   
Wahana transportasi darat adalah wahana yang berisi alat peraga interaktif mengenai iptek dibalik alat transportasi darat. Alat peraga yang disajikan meliputi kaidah sains dan teknologi pada alat transportasi darat roda dua dan roda empat. Di wahana ini terdapat alat peraga Riding Simulator yang merupakan alat peraga untuk simulasi berkendara sepeda motor di jalan raya dengan aman dan benar. Terdapat pula alat peraga berupa cutting engine dari kendaraan roda dua dan roda empat dimana dapat dilihat bagian-bagian mesin dan melihat bagaimanakah mesin-mesin ini bekerja. Melalui wahana ini diharapkan pegunjung dapat terinspirasi untuknya.



WAHANA MATEMATIKA

Wahana matematika adalah wahana alat peraga hands-on interaktif mengenai prinsip-prinsip dasar matematika sebagai ratu ilmu pengetahuan.Wahana ini terbagi menjadi klaster geometri, angka, dan konsep hitung contoh-contoh alat peraga seperti Phytagoras, Peluang, Penjumlahan Spool, Jam pasir dan sebagainya akan ditemui pada wahana ini. Pada wahana matematika ini juga terdapat alat peraga sepeda polygon dimana pengunjung dapat mengendarai sepeda yang beroda berbentuk polygon dan lintasan bergelombang namun dapat melaju dengan lancer. Melaluialat peraga Matematika ini diharapkanpengunjung dapat mengenal dan mempelajari bentuk geometri, angka dan konsep hitung juga dapat mengasah ketrampilan berhitung dan tehnik penyelesaian masalah.
 

WAHANA TELEKOMUNIKASI

Wahana komunikasi memiliki alat peraga interaktif yang terbagi yang bertema teknologi mengenai komunikasi, mulai dari prinsip dasar telepon hingga aplikasinya. Melalui wahana teknologi komunikasi diharapkan pengunjung dapat memahami, mempelajari dan mendalami fenomena sehari-hari sehingga dapat menerapkannya dalam mempermudah pekerjaan.
 


WAHANA ANTARIKSA

Wahana antariksa memiliki alat peraga interaktif bertemakan antariksa seperti pengetahuan mengenai teknologi satelit, replica satelitsenzhou, system penginderaan jarak jaug hingga aplikasi permainan komputer mendidik dan menarik mengenai planet mars. Terdapat pula simulasi satelit penginderaan yang disajikan lengkap dengan bola bumi, kamera dan stasiun penerima ( perangkat komputer) dengan menggunakan teknologi nirkabel. Dengan alat peraga yang dikemas secara menarik dan interaktif juga edukatif diharapkan pengunjung dapat memahami dan mempelajari lebih mendalam ilmu dasar dan teknologi seputar anatariksa.
 


WAHANA FLU BURUNG

Wahana flu burung adalah wahana sarana edukasi kepada masyarakat yang bertujuan menggugah kesadaran masyarakat mengenai penyakit menular yang disebabkan oleh virus mematikan avian influenza H5N1 dengan cara yang mudah dan menyenangkan. Wahana flu burung ini berisi alat peraga yang berkaitan dengan kesiapsiagaan menghadapi flu burung, memuat pengetahuan mengenai apa itu flu burung, pengenalan morvologi virus H5N1, bagaimana cara melakukan tindakan pencegahan penularannya dan bagaimana cara memelihara unggas secara bertanggung jawab. Peragaan pada wahani ini berbenuk interaktif hands-on, Audio Visual, Model dan Game Komputer.


 
WAHANA PANDEMI INFLUENZA

Wahana siaga pandemic influenza adalah merupakan wahana yang menampilkan peragaan hands-on dan program interaktif mengenai penyakit influenza, mulai dari penyebab influenza, penyebaran virus juga kesiapsiagaan menghadapi pendemi influenza. Klaster ini bertemakan : “kesiapsiagaan dalam menghadapi pendemi influenza, berisi Sembilan alat peraga antara lain simulator bersin, simulator batuk, penyakit influenza, organism tak tampak, system pernafasan manusia, habitat virus, fakta atau mitos, game interaktif pandemic influenza, puppet show dan game lantai.
 


WAHANA OZON

Wahana ozon adalah wahana yang berisi alat peraga hands-on interaktif yang memberikan edukasi, menggugah kesadaran serta mengubah kebiasaan sehari-hari masyarakat akan perilaku salah yang dapat mengakibatkan penipisan lapisan ozon. Alat peraga yang disajikan pada wahana ozon ini meliputi permainan game interaktif computer mengenai ozon, film singkat mengenai pentingnaya lapisan ozon untuk kehidupan dibumi dan juga alat peraga interaktif lainnya. Melalui wahana ini diharapkan pengunjung sadar akan pentingnya lapisan ozon bagi kehidupan makhluk bumi sehingga akan menjaga kelestariannya dengan mengurangi/ menghindari penggunaan bahan-bahan perusak ozon.


 
WAHANA TAMAN JURASIC

Wahana Taman Jurrasic adalah wahana yang berisi alat peraga interaktif baik hands-on maupun minds-on mengenai kehidupan jaman prasejarah. Alat peraga yang disajikan pada wahana taman Jurassic ini meliputi berbagai tanaman yang hidup pada jaman dinosaurus hidup, modelfosil-fosil dinosaurus dan lainnya. Terdapat pula alat peraga interaktif model dinosaurus berukuran besar yang dilengkapi sistem gerak mekanik elektronik sehingga dapat berinteraksi dengan pengunjung melalui suara dan juga objek pengunjung. Melalui wahana ini diharapkan pengunjung dapat mempelajari keilmuan mengenai fosil serta sains di balik kehidupan dinosaurus.

Latest News

Videos / Photos

Testimonial PPIPTEK

icon testimonial

Wiiiiih, mantap

15 Jan 2015 | By Aim

icon testimonial

alhamdulillah websitenya sudah bagus.. semoga semakin dikembangkan.. semangat..

15 Jan 2015 | By Dayat

icon testimonial

saya pingin menghadirkan iptek di kalangan generasi penerus

24 Mar 2015 | By mustiko

icon testimonial

Website PP-IPTEK bagus dan memudahkan user untuk mencari info mengenai PP-IPTEK. Good Job :)

27 Oct 2015 | By Azka

icon testimonial

kapan" kunjungan rombongan dehh (Y)

03 Nov 2015 | By andi yumita namirah

icon testimonial

Wah Baru liat Web nya berubah.... Mantab lah... tapi untuk Keterangan testimoninya kenapa pake bahasa Latin yaaaa..

09 Nov 2015 | By Tyo

icon testimonial

Kak, lomba roket air tahun 2016 kapan lagi diadakan ?? Kepingin ikutan nih. Cap 2 jelpol deeh buat websitenya mantap👍👍

11 Dec 2015 | By IAM

icon testimonial

Sudah melihat-lihat luar dan dalamnya, tapi waktunya habis nggak bisa coba semua. karena terlalu banyak alat peraga yang mau dicoba. salam dari profesorcilik.wordpress.com. dan sudah di unggah ke youtube tentang PPIptek ini di https://www.youtube.com/watch?v=ShDVmyt3jz0

22 Jun 2016 | By kelik

icon testimonial

Kapan PP-IPTEK melakukan pemutakhiran rona depan website ?Kok masih pakai nama Kementerian RISTEK, termasuk logonya ?Seharusnya menggunakan nomenklatur Kementerian Ristek dan Dikti, termasuk logonya.Good Luck PP-IPTEK untuk melakukan pembaruan dan revitalisasi agar visi dan misi yang bagus dapat benar-benar dicapai dan dilaksanakan untuk kepentingan masyarakat dan bangsa Indonesia

05 Jul 2016 | By nugroho ananto


Polling Kuisioner

Apakah Anda mengenal PP-IPTEK?